4 Jenis Makanan Khas Kalimantan Timur

Berbicara masalah makanan khas kalimantan timur, hal ini tentu saja tidak lepas dari tempat wisata indah di kalimantan yang membuat semua orang merasa takjub akan keindahannya. Disana ada banyak sekali tempat bersejarah, aneka pantai dan juga taman, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai makanan khas dari masyarakat kalimantan timur ini.

Saat perut terasa lapar, maka biasanya hal pertama yang dicari adalah makanan bukan? Nah untuk makanan khas kalimantan timur ini juga ada banyak sekali para pedagang, sehingga anda pun dengan mudah bisa memilih jenis kuliner yang enak, lezat dan juga mengenyangkan.

Apa Saja Sih 4 Jenis Makanan Khas Di Kalimantan Timur Itu?

1. Mencicipi Nasi Kuning
Salah satu makanan khas kalimantan timur adalah nasi kuning, nasi kuning ini dibuat dari nasi dengan campuran santan, selain itu juga tak lupa ditambahkan kunyit sehingga warna nya lebih kuning. Nasi kuning ini akan lebih nikmat saat dikelilingi oleh lauk seperti tempe, telur dadar dan juga sayuran segar. Nah jika anda penasaran, maka silahkan saja untuk mampir sebentar ke warung nasi terdekat.

2. Nasi Bakepor
Berikutnya adalah nasi bakepor, nasi ini terdiri dari beberapa jenis yakni ada potongan ikan asin, minyak dan juga nasi liwetnya. Saat menyajikan nasi bakepor ini biasanya ada daging lembut dan juga sayur gangan asam sebagai lauk tambahan saja. Untuk masalah rasa, rasanya sangat enak dan juga gurih, sehingga bisa membuat anda ingin nambah lagi.

3. Coba Ayam Cicane
Makanan khas kalimantan timur yang ketiga adalah dengan mencoba ayam cicane, pada zaman dulu kala makanan seperti ayam cicane ini dijadikan sebagai makanan utama saat acara besar. Namun ada ciri khas dari kuliner yang satu ini, bumbu ayam cicane ini warnanya agak kemerahan, hal ini karena bumbu yang digunakan khusus dari kalimantan dan tidak pernah dikurangi sedikitpun. Oleh karena itu, silahkan mencicipi kuliner lezat ini ya sobat !

4. Bubur Pedas
Mengapa dinamakan bubur pedas? Ini karena bubur yang satu ini menggunakan cabe yang sangat banyak sehingga aroma cabai nya sangat khas dan juga pedas. Jika anda mempunyai penyakit maag, maka sebaiknya mengkonsumsi makanan lainnya saja, karena dikhawatirkan bisa membuat penyakit anda kambuh.
Untuk cara memasak bubur ini, caranya tinggal mencampur kelapa yang sudah disangrai dan juga beras, selain itu juga ada bumbu lainnya seperti kunyit, ketumbar dan lada hitam serta garam.

4 makanan khas kalimantan timur ini semoga bisa bermanfaat bagi anda, terutama ketika bepergian ke kalimantan timur baik itu dengan keluarga ataupun bersama teman.


Makanan Khas
Admin May 26, 2017 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *