Blog Kena Google Sandbox Bagaimana Mengatasinya?

Dunia blogging pasti tidak jauh dengan istilah ini, Cara Cepat mengatasi Google sandbox menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar para blogger. Namun tentunya semua itu haruslah dicari solusinya dan dicari tahu kenapa blog yang kita bangun dengan mengikuti kaidah SEO Onpage maupun Offpage bisa sampai kena hukuman sementara dari mbah Google.

Jika blog sobat tiba-tiba saja mengalami penurunan traffik yang lumayan banyak sekitar 40% sampai 60% secara mendadak maka kemungkinan blog sobat terkena apa yang sedang saya bahas kali ini. Nah untuk mengeceknya bisa menggunakan tool online sandbox checker berikut ini http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/.
Nah berikut screenshootnya:

pixelgroove Blog Kena Google Sandbox Bagaimana Mengatasinya?

1. Di halaman itu sobat tinggal masukan alamat blog sobat disertai http:// diawalnya agar tidak error misalnya http://deresep.com/cara-membuat-mayonaise-sendiri-dengan-mudah/ atau http://deresep.com/resep-cara-membuat-ayam-teriyaki-ala-rumahan/ .

2. kemudian submit dan tunggu beberapa saat sehingga muncul keterangan yang nantinya bisa dijadikan acuan apakah memang blog sobat terkena sandbox atau malah pinalti dari Google.
Keterangannya biasanya seperti ini “deresep.com is possibly penalized or sandboxed by google!

Nah dari situ tentu sobat sudah tahu hasilnya, tetapi cara ini memang tidak bisa dijadikan acuan yang pasti karena kemungkinan tools itu untuk menghasilkan data yang tidak akurat juga besar. Seperti misalnya saya mengecek blog yang sudah agak lama terkena pinalti yaitu 1 – 2 bulan dan setelah dicek disana ternyata sudah tidak terdeteksi terkena, padahal blognya masih belum terbebas dari hukuman. Sobat bisa menggunakan cara kedua untuk mengeceknya tentunya. Nah disini saya akan memberikan tips yang telah saya pergunakan berikut ini untuk mengetahui apakah blog sobat terkena sandbox biasa atau malah pinalti:

Ketik nama domain sobat tanpa ekstensi domain TLD di kolom pencarian Google seperti ini
deresep Blog Kena Google Sandbox Bagaimana Mengatasinya?

Jika blog sobat masih berada diurutan teratas berarti blog sobat hanya terkena sandbox biasa dan bukan pinalti atau terkena manual actions. Tetapi jika dengan cara tersebut blog sobat tidak keluar dihalaman satu maka kemungkinan besar blognya terkena hukumana berat dan sangat susah untuk bisa kembali seperti semula, memang sih blognya masih terindex dengan baik tetapi bakalan percuma jika terus dilanjutkan. Mendingan sobat lupakan blog tadi dan buat yang baru.

Hukuman ini biasanya akan berlangsung selama 4 sampai 6 bulan sebelum blognya bisa kembali seperti semula bisa juga lebih atau malah kurang dari itu tergantung dari update Google. Dibiarkan begitu saja nanti juga akan kembali walau traffiknya tidak akan sebagus saat dulu sebelum terkena musibah ini.

Cara cepat keluar dari Hukuman Google Sandbox

Kemudian untuk cara mengatasi Google sandbox sobat ikuti terus nih tipsnya:

1. Instropeksi diri. Apa yang sobat lakukan untuk optimasi blog itu, apakah menggunakan spam komentar atau low quality backlink/backlink kualitas rendah. Jika sobat sudah terlanjur melakukannya maka jangan ditambah lagi dan cobalah untuk menghapus link-link yang tidak bagus tersebut.

2. Buat postingan yang bersangkutan mengenai Google sandbox di blog sobat. Tentunya seperti yang saya lakukan dengan blog saya ini, walaupun saya tidak tahu pasti apakah penyebabnya kenapa blog saya ini bisa terkena sandbox, karena sepengetahuan saya, saya tidak melakukan tehnik Backlinking maupun optimasi yang lain dan aneh-aneh. Nah dalam artikel sobat nanti masukkan juga anchor text diarahkan ke https://www.google.com atau https://www.google.co.id bisa juga ke situs-situs yang punya authority yang tinggi seperti Wikipedia

3. Submit ulang blog sobat ke GoogleWebmasterTool tapi terlebih dahulu perbaiki dahulu postingan sobat yang sekiranya masih melanggar ketentuan kaidah SEO onpage seperti penggunaan keyword di artikel yang intensitasnya terlalu tinggi lebih dari 4 – 5% dari keseluruhan artikel. Dan perbaiki juga kesalahan ketik yang kemungkinan masih terkandung dalam postingan sobat.

4. Setelah itu submit ulang sitemap blog ke Google Webmaster agar artikel sobat segera dicrawl ulang oleh googlebot dan memperbaharui idex yang sudah ada.

Nah sampai disini usaha kita untuk mempercepat blog kita terlepas dari sandbox. Tinggal kita berdo’a kepada Allah SWT agar sekiranya dimudahkan segala urusan kita dan jangan lupa backlink ghaib diperbanyak lagi sob, sudah tahu belum apa itu hehe… yah itu nama lain dari sedekah untuk orang-orang yang kekurangan seperti janda atau anak yatim piatu.


Tips
Admin May 26, 2017 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *