Resep Kuliner Kambing Ala Timur Tengah, Nasi Briyani

Lagi-lagi kami akan mencoba berbagai satu lagi hidangan khas berbahan baku daging kambing. Banyaknya permintaan akan aneka pilihan resep kuliner kambing, membuat kami tertarik untuk kembali menghadirkan aneka pilihan unik dan berbeda dalam menyajikan hidangan dari bahan daging kambing.

Dan kali ini kami tertarik untuk mengangkat hidangan dari kawasan mediterania atau Timur tengah. Kawasan yang terkenal dengan gurun pasirnya ini rupanya juga menjadi salah satu kawasan penggemar kambing yang sangat tinggi. Ada begitu banyak hidangan khas yang menggunakan bahan daging kambing.

Dan salah satunya adalah Nasi briyani atau nasi biryani. Hidangan ini berupa nasi denga rasa gurih dengan beragam bumbu rempah, potongan daging dan dilengkapi dengan taburan buah kering serta kacang-kacangan.

Yang menarik dari olahan daging satu ini, resep kuliner kambing khas Timur tengah ini menggunakan nasi dengan teknik masak slow cooking yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Ini akan menghadirkan Anda pengalaman kuliner berbeda.

Sebenarnya hidangan nasi biryani ini tak sepenuhnya asing bagi Anda. Bisa jadi beberapa dari Anda sudah pernah mencicipi kuliner khas dengan rasa gurih hangat ini. Namun tak ada salahnya kan menjajalnya di dapur Anda sendiri. Mumpung menjelang idul Adha, stok kambing di lemari es masih cukup penuh.

Bahan

1 kg beras dari jenis berkualitas baik (bukan jenis beras wangi)
1500 cc atau 6 gelas Air putih
1 Kg Daging kambing bagian has dalam
600 cc Yoghurt tawar
10 lebar daun mint
3 batang Daun Ketumbar
kismis dan potongan kenari panggang

Bahan bumbu
20 butir bawang merah iris tipis
10 butir kapulaga
1 sendok teh Jintan
½ sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh kayu manis bubuk
10 butir cengkeh
2 Sendok teh Lada bubuk
20 cc Air Jeruk Lemon
4 sendok makan Mentega
2 sendok makan minyak samin (bisa diganti minyak goreng biasa atau minyak zaitun)

Bumbu Halus
12 Siung Bawang Putih ukuran sedang
6 cm Jahe
8 Batang Cabe Merah Keriting (atau sesuai selera)
½ Sendok teh gula palem
4 sendok teh Garam

Cara Membuat
1. Siapkan daging kambing, pastikan sudah anda lumuri dengan jeruk lemon dan dibungkus dengan daun papaya selama 1 hari supaya mudah sekali empuk. Lalu potong-potong daging kambing dalam ukuran dadu kecil.
2. Siapkan bumbu halus, lalu campur rata dengan daging.
3. Tambahkan yoghurt dalam daging berbumbu lalu diamkan selama 3 jam pada wadah tertutup agar bumbu meresap
4. Sementara itu, siapkan beras dan rendam dengan air sebanyak 1200 cc ,lalu diamkan selama 15 menit.
5. Gunakan beras terendam itu untuk diaron. Masukan mentega dan air perasan jeruk lemon. Aduk rata terus sampai aronan siap angkat dan air habis.
6. Tuangkan minyak samin dalam wajan, masukan daging yang tadi sudah Anda rendam bumbu, tunggu daging tampak mulai membentuk lapisan, kemudian masukan air 300 cc dan biarkan matang dan kuah mengental.
7. Campur nasi aron tadi dengan daging bumbu yang sudah matang tadi. Aduk rata.
8. Tambahkan daun ketumbar dan daun mint cincang ke dalam campuran nasi ini.
9. Kukus campuran nasi tadi hingga matang,dalam dandang sekitar 35 menit.
10. Sajikan dengan taburan kismis dan kenari panggang atau goring.

Hidangan dengan rempah yang sangat kaya macam ini tak hanya bisa menggugah selera, tetapi juga akan membantu Anda mengendalikan asupan kolesterol dalam tubuh Anda ketika mengkonsumsi kambing. Beberapa orang lebih suka menambahkan acar ketika menghidangkan sajian nasi biryani ini. Yang jelas hidangan nasi biryani bisa menjadi pilihan resep kuliner kambing yang istimewa.


Resep Daging Kambing
Admin May 25, 2017 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *