Tips Masak Daging Kambing Empuk Dan Lezat

Beberapa hari sudah mau hari raya Idul Adha ya? Wah sebentar lagi Anda pasti sudah dibuat ribet mengolah aneka hidangan kambing yang istimewa untuk keluarga. Untuk menyambut hari raya Idul Adha ini, kami akan mencoba berbagi informasi mengenai beberapa tips mengolah kambing, termasuk tips memasak daging kambing empuk.

Masalah paling klasik yang paling banyak dikeluhkan ibu rumah tangga ketika harus mengolah daging kambing adalah aroma tajamnya alias bau prengusnya yang khas dan masalah keliatan daging yang membuat daging cenderung sulit menjadi lunak.

Sebelumnya kami sudah mengulas mengenai cara mengatasi aroma prengus daging, maka kali ini kami akan membantu Anda menemukan solusi lain dalam mengatasi karakter daging kambing yang liat dengan informasi mengenai tips masak daging kambing empuk.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara tepat memasak daging kambing agar empuk, ada baiknya kita memahami dulu bagaimana daging kambing bisa lebih liat dari jenis daging merah lain seperti daging sapi.

Salah satu sifat asli dari daging kambing adalah karakter proteinnya cenderung lebih padat dari pada daging lain. Ikatan antar selnya lebih erat dan padat sehingga membuat daging kambing cenderung sulit untuk empuk. Sebenarnya sifat inilah pula yang menimbulkan aroma prengus dari daging kambing.

Di satu sisi, sifat protein macam ini menyebabkan daging kambing lebih mengenyangkan sehinga sangat cocok untuk mengisi massa otot. Namun pada sisi lain, sifat protein yang padat juga memberi beban tambahan untuk kerja ginjal. Akibatnya ginjal tak mampu memaksimalkan kemampuannya dalam menangani natrium dalam bumbu. Inilah yang memicu masalah kolesterol dan hipertensi, karena sebagaimana diketahui natrium merupakan unsur dari garam yang memicu kolesterol dan hipertensi.

Dengan kata lain, ketika Anda mengolah daging kambing supaya menjadi empuk, secara bersamaan Anda membantu daging kambing menjadi lebih aman untuk Anda konsumsi. Lalu bagaimana tips masak daging kambing empuk?

1. Lumuri Dengan Nanas dan Daun Pepaya
Pada bahasan mengenai cara menghilangkan aroma prengus kambing, kami sampaikan untuk membungkus daging dengan paruan nanas dan dibungkus lagi degan daun pepata lebar yang tua. Rupanya selain menghilangkan aroma, kedua bahan ini juga aktif membantu memecah ikatan protein dalam daging kambing. Setelah pembungkusan selama sekitar 6 jam, daging kambing tidak hanya menjadi tidak beraroma tetap juga mudah empuk.

2. Baluri Soda
Soda ternyata juga memiliki sejenis senyawa khusus yang efektif memecah protein padat dari daging kambing . Gunakan larutan baking soda atau air soda untuk merendam daging kambing sampai 30 menit. Cuci bersih dan siap untuk diolah.

3. Bahan Rasa Asam
Lumuri daging dengan sari buah asam seperti air asam, air lemon atau jus kiwi, remas-remas daging dan diamkan setidaknya 1 jam. Sifatnya sama efektifnya dalam memecah ikatan protein daging kambing.buah

4. Rebus Dengan Dua Batang Stainless Steel
Bahan Stainless Steel rupanya menyebabkan suhu dalam air rebusan lebih tinggi sehingga menciptakan efek memecah protein daging kambing. Gunakan dua batang seperti dengan sepasang sendok dan garpu berbahan Stainless Steel sebagai katalis panas pada air rebusan daging kambing.

5. Tambahkan Sup Berbahan Yoghurt dan Susu
Beberapa hidangan berkuah ala Timur Tengah atau India, dikenal hidangan berbahan kambing dengan kuah menggunakan yoghurt tawar atau susu. Rupanya senyawa laktasid dalam susu atau yoghurt memiliki kemampuan melunakan daging kambing.

Itulah tadi tips masak daging kambing empuk secara mudah dan sederhana. Mudah Anda tiru di rumah dan tidak memakan biaya besar. Kini Anda sudah siap menyajikan hidangan kambing istimewa di hari raya nanti kan?


Resep Daging Kambing
Admin May 27, 2017 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *